TIPS JITU MENGATASI ANAK NAKAL

Nah, berikut ini adalah bagaimana cara untuk mengatasi anak nakal dan cengeng, diantaranya:


AMATI ALASAN ANAK MENJADI NAKAL

Sama halnya dengan menyikapi seseorang yang alergi, maka si dokter biasanya akan mencari apa penyebab alergi tersebut. Begitu juga langkah pertama yang dapat dilakukan oleh para orang tua dalam mengatasi anak Bandel. Anak menjadi bandel pasti ada penyebabnya, karena itu cobalah Anda mencari tau apa sebenarnya yang membuat Anak Anda menjadi bandel.

Apakah karena ia telah mengantuk, kelaparan, atau sedang menginginkan sesuatu atau tengah marah dan kecewa. Hal-hal tersebut kadangkala dapat membuat seorang anak menjadi rewel. Nah, jika Anda sudah mengetahui penyebabnya, maka Anda akan mudah dalam mengatasinya.


INTROPEKSI DIRI

Kurangnya perhatian Anda terhadap anak atau karena Anda terlalu sering memanjakannya, juga dapat menjadi faktor penyebab anak Anda menjadi bandel. Kesibukan aktifitas Anda terhadap pekerjaan, teman atau kegiatan lainnya hingga melupakan perhatian Anda kepada sang anak akan menjadi suatu alasan bagi anak untuk menjadi susah diatur.

Kondisi ini bisa terjadi lantaran sang anak melampiaskan rasa kekesalan dan kesepiannya dengan melakukan apapun yang dia sukai dan menjadi seenaknya sendiri. Sebaliknya, sikap anak yang terlalu di manjakan juga akan membuat anak menjadi bandel dan nakal saat apa yang mereka inginkan tidak bisa dipenuhi. Karena itu, sayangi anak dan beri dia perhatian namun bukan dengan jalan memanjakannya atau menuruti segala keinginannya yang tidak ada manfaat bagi kesehatannya.

MENGUBAH CARA MENASEHATI ANAK

Cara menasehati Anda yang salah atau kurang baik dapat membuat anak akan tambah nakal. Cara salah yang dimaksud disini adalah seperti Anda membentak anak, memarahi atau bahkan memukulnya . Ini tidak hanya dapat membuatnya semakin membangkang terhadap orang tua, akan tapi juga bisa mengakibatkan psikologinya menjadi terganggu.

Cara yang tepat dan benar dalam mendidik anak dan menasihati adalah dengan posisi duduk atau yang lebih rendah seperti menjongkok. Setelah itu ucapkan keluhan dan nasehat Anda dengan tenang dengan suara yang lemah lembut. Biasanya anak yang di nasehati dengan cara tersebut mereka akan lebih memahami dibandingkan dengan cara dan ucapan yang kasar.


HINDARI SEBUTAN ANAK NAKAL

Mengucapkan kata-kata seperti “Dasar anak nakal” dalam menasehati anak justru akan menjadikan anak tersebut makin bertambah bandel. Yang anehnya adalah banyak orang tua dengan sengaja memanggil anaknya dengan sebutan “Si Badung” apakah karena terbiasa atau karena hal lainnya. Kondisi seperti ini, meskipun terlihat kecil namun akan berdampak buruk bagi sikap anak.

Jangan salah, ketika Anda memanggilnya “si Nakal” maka dia akan benar-benar menjadi anak bandel. Hal ini dikarenakan ucapan tersebut akan memberikan pikiran negatif kepada sang anak bahwa dia memang anak yang bandel, maka sikapnya pun akan semakin menjadi-jadi.

Nah, itulah beberapa Tips Pintar Mengatasi Anak yang Susah Diatur, Semoga bermanfaat….! (Dokteribudotcom)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 comments:

  1. artikelnya sangat bagus gan.. jangan lupa berkunjung juga ke toko si nakal yang menjual berbagai macam kaos nakal

    ReplyDelete
  2. terima kasih sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  3. Trima kasih semoga saya bisa menghilangkan emosi saya saat anak saya bersikap nakal dan bandel...

    ReplyDelete